wisata kuliner

Berburu Wisata Kuliner

Kudus yang terkenal sebagai kota para wali juga terkenal sebagai kota kretek karena merupakan pusat salah satu pabrik rokok ternama di Indonesia, juga karena banyaknya pabrik-pabrik rokok kecil yang bertebaran di sepanjang kota ini. Berbincang mengenai wisata kuliner, Kudus terkenal dengan makanan khasnya yaitu jenang. Rasanya tidak lengkap apabila anda mengunjungi Kudus dan tidak membawa pulang jenang sebagai buah tangan.

Selain jenang, ada beberapa makanan khas Kudus yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya; lentog tanjung, nasi pindang dan garang asem. Lentog Tanjung merupakan perpaduan lontong dengan sayur lodeh yang banyak ditemukan di jalan Tanjung. Makanan ini  pas sekali disantap saat sarapan karena porsinya yang cukup kecil. Harganya pun sangat terjangkau, yaitu berkisar antara Rp. 3000 per porsi, sehingga anda bisa tambah berulangkali bila masih merasa belum kenyang.

wisata kulinerNasi pindang adalah salah satu makanan khas Kudus lainnya. Pada awalnya banyak orang yang mengira nasi pindang merupakan perpaduan nasi dengan ikan pindang yang digoreng. Sesungguhnya nasi pindang ini tidak ada bedanya dengan nasi rawon, yaitu nasi yang dipadukan dengan sayur daun melinjo yang berkuah manis dan daging yang dipotong kecil-kecil. Salah satu rumah makan yang terkenal dengan nasi pindangnya yaitu RM Jati Putra Pak Yono. Bila anda tidak ingin antre terlalu lama, jangan datang ke tempat ini pada pukul 10 hingga 11 pagi karena jam-jam tersebut merupakan jam tersibuk di rumah makan ini.

Wisata kuliner saat makan siang singgahlah ke rumah makan Sari Rasa yang terletak di Jl. Agil Kusumadya, daerah Jati Kulon. Rumah makan ini selalu rame dikunjungi oleh para pelancong yang ingin menikmati nikmatnya garang asem khas Kudus. Garang asem merupakan makanan yang berupa potongan ayam kampung yang dibungkus daun pisang dan dikukus dengan aneka bumbu bersama irisan tomat, cabai dan belimbing wuluh.  Rasa asam, asin dan pedas dari makanan ini memberikan sensasi segar di mulut. Untuk mendapatkan satu porsi garang asem, anda harus mengeluarkan Rp.18.000,-. Harga itu sangat sebanding dengan cita rasa yang anda dapatkan.

Selain tiga makanan khas utama tersebut, masih ada beberapa wisata kuliner yang bisa anda kunjungi di kota wali, seperti sate kerbau dan soto kerbau.

image source: flickr.com

Berburu Wisata Kuliner di Kota Wali

Comments

comments

0 comments on “Berburu Wisata KulinerAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *