Memasak Makaroni

3 Hal Penting Tentang Cara Salah Memasak Makaroni

Makaroni dinikmati banyak orang bukan hanya karena bisa menjadi pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat, namun juga karena cara mengolahnya yang cukup gampang. Tinggal direbus dalam waktu yang singkat, dikombinasikan dengan beberapa sayur mayur dan keju, lalu tinggal dipilih mau dikukus, dipanggang atau ditumis, jadi deh olahan makaroni yang lezat. Namun sayangnya sering kali kita tak menyadari bahwa ternyata kita banyak melakukan cara salah memasak makaroni. Berikut ini tiga hal yang merupakan kesalahan utama dalam memasak makaroni.

Apakah kamu termasuk yang tidak suka menambahkan garam dalam air rebusan makaronimu? Sebaiknya ubah cara salah itu mulai sekarang. Menambahkan garam di saat merebus makaroni memang sangat disarankan agar makaroni tidak terasa hambar. Setidaknya kamu bisa menambahkan 1 sendok makan garam di saat kamu merebus 0.5 kg makaroni. Namun bila kamu takut makaronimu akan terlalu asin, kamu bisa menaburkan sedikit garam untuk menguatkan rasa makaroni.

Setelah direbus makaroni sering menempel satu sama lain yang membuat makanan jadi tampak tidak sedap dipandang mata. Beberapa sumber menyebutkan bila dengan menambahkan minyak saat merebus makaroni adalah cara yang terbaik untuk menghindari makaroni menjadi lengket dan saling menempel di saat ditiriskan. Ternyata, cara ini sebenarnya  tidak benar. Memang diketahui bahwa minyak bisa mencegah air dari busa yang keluar, namun makaroni masih tetap akan menempel satu sama lain meski kita teteskan minyak dalam air rebusan. Cara yang benar agar makaroni tidak saling menempel yaitu; masukkanlah makaroni ke dalam air rebusan di saat air benar-benar sudah mendidih sambil sesekali kita mengaduknya dengan cepat.

Membilas makaroni dengan air sesaat setelah ditiriskan agar bisa mendapatkan makaroni yang tetap berbentuk bagus, dan tidak berair juga ternyata salah satu dari cara salah memasak makaroni. Hal ini justru akan membuat rasa makaroni menjadi aneh karena zat tepung yang ada di dalam makaroni akan terbilas dalam air dan menghilang.  Hal ini akan mengakibatkan bumbu-bumbu yang kita campurkan setelahnya tidak akan meresap dan menempel ke dalam makaroni.

Ternyata memang banyak hal yang sering kita lakukan merupakan cara salah memasak makaroni ya? Setidaknya dengan mengetahui info ini, setelahnya kita tidak lagi melakukan kesalahan tersebut.

3 Hal Penting Tentang Cara Salah Memasak Makaroni

image source : slovakcooking.com

Comments

comments

0 comments on “3 Hal Penting Tentang Cara Salah Memasak MakaroniAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *